Pages

Skinny Love – Birdy (originally by Bon Iver)

Skinny love yang dimaksud di sini apa ya? Kekasih yang ceking, apa rasa cinta yang begitu tipis? Aku pilih yang kedua saja ah, biar lebih gampang menginterpretasikannya.

Come on skinny love just last the year,
Pour a little salt we were never here,
My my my, my my my, my-my my-my...
Staring at the sink of blood and crushed veneer.


Rasa cinta yang ringan itu kini sudah berakhir. Tipis, setipis kulit pembungkus tubuh. Hanya berlangsung selama setahun, akan tetapi meninggalkan luka yang pedih. Pernah menggarami kehidupan hingga terasa lebih gurih, pernah pula menyiram luka hingga terasa makin perih. Sayang sekali. Sungguh sayang sekali. Harusnya semua berjalan dengan indah, andai kau tak menunjukkan taring, menebar ketakutan di hati, ketakutan akan kau tinggal pergi. Sayang, sungguh sayang sekali. Kau membongkar kedokmu lebih awal, hingga aku tak tahan lagi.

Tell my love to wreck it all,
Cut out all the ropes and let me fall,
My my my, my my my, my-my my-my...
Right in the moment this order's tall.

Karenanya, aku minta putus saja. Hancurkan saja semua yang telah kita bina. Sudah tiada guna, menjaga segalanya. Kau beri aku tali, untuk kugantungi, tapi kau tinggal pergi, dan aku pun terjatuh lagi. Sayang, sungguh sayang sekali. Saat rasa ini hampir bertambah kuat, kau tunjukkan banyak hal jahat. Hingga aku tak kuat. Alangkah baiknya jika engkau kupecat. Berhentilah jadi kekasihku, berhentilah melukai hatiku.

And I told you to be patient,
And I told you to be fine,
And I told you to be balanced,
And I told you to be kind,
And in the morning I'll be with you,
But it will be a different kind,
'Cause I'll be holding all the tickets,
And you'll be owning all the fines.

Bukankah telah kukatakan padamu untuk bersabar? Bukankah harusnya kau masih baik-baik saja? Seimbangkan emosimu, jangan grusa-grusu. Lihat, apa yang terjadi sekarang? Aku yang punya tiket untuk melanjutkan perjalanan kehidupan, kau yang menanggung segala hutang perasaan. Karena kau tidak sabar menghadapiku dan keadaan di sekitarmu.

Come on skinny love, what happened here?
Suckle on the hope in light brassieres,
My my my, my my my, my-my my-my...
Sullen load is full, so slow on the split.

Apa yang akhirnya terjadi pada sebuah cinta yang setipis lembaran kapas? Menghirup segala kebebasan, dari balik penyangga dada yang transparan. Sayang, sungguh sayang sekali, kau memilih untuk menyimpan segala kegalauan, cemberut sepanjang zaman. Mengapa kau mempersulit hatimu sendiri untuk berpisah denganku? Bukankah sudah lama sekali kau membenciku?

And I told you to be patient,
And I told you to be fine,
And I told you to be balanced,
And I told you to be kind,
And now all your love is wasted,
Then who the hell was I?
'Cause now I'm breaking at the britches,
And at the end of all your lines.


Bukankah telah kukatakan padamu untuk bersabar? Dengan bersabar kau masih akan baik-baik saja. Seimbangkan emosimu, agar kau tak kalap saat menghadapiku. Bukankah cintamu sia-sia belaka? Cinta yang tipis dan rapuh, kau sebar ke mana-mana. Tunggulah sampai menguat, sampai tebal dan tak rapuh, maka kau akan baik-baik saja. Jangan pedulikan tentang diriku. Well, memangnya aku ini siapa, iya kan? Karena aku hanyalah orang yang akan merobek-robek hatimu.

Who will love you?
Who will fight?
And who will fall far behind?


Sekarang, lihatlah di sekelilingmu, siapa lagi yang akan bersedia menerima cintamu yang serapuh itu? Kuatlah, berjuanglah. Karena, tak akan ada yang memperjuangkan cinta yang tak meyakinkan. Kau hanya akan terluka lagi, jatuh dan tersungkur lagi.

Come on skinny love,
My my my, my my my, my-my my-my...
My my my, my my my, my-my my-my.

Sayang, sungguh sayang sekali. Ayolah, kuatkan hatimu, kuatkan cintamu, baru kau bagi.

4 comments:

  1. Interpretasimu baguss tapi menurut ku ada bagian yg kurang pas... kaya cut out all the rope ... itu dia merasa digantungkan sehingga sia memohon untuk di putuskan saja... krn si cewek ini uda minta putus tp yg cowo belom mau.. sedangkan dia tergantung dan ngga bs nafas... sesangkan kalo cowoknya cinta bgt ama dia dia bakal nge cut the rope dgn hubungan yg jelas dan akan menangkapnya ketika terjatuh... tapi apa daya hubungan cinta mereka tidak sedalam itu...

    Itu intepretasi *alah susah amat* dr sayaa
    Good job Naila

    ReplyDelete
  2. Kenapa ini liriknya aku banget yaa..dalam posisi cew..ceritanya sang cew jahat banget yaa..hikss ��

    ReplyDelete
  3. mungkin artinya "cinta semu"
    :P

    ReplyDelete